PERANAN E-ECOMMERCE BAGI MASYARAKAT

 

 Peranan dan pentingnya  digital dalam e-commerce bagi masyarakat.

PENGERTIAN E-COMMERCE

      E-commerce adalah setiap pertukaran informasi antara perusahaan dengan pihak stakeholder eksternalnya (pihak ketiga yang memiliki kesepakatan tertentu dengan perusahaan) melalui media elektronik.

Jenis-jenis E-Commerce
        Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
 Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
 1.Servis  yang  digunakan  juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
 2.Servis  yang  digunakan berdasarkan permintaan.
 3.Sering dilakukan sistim pendekatan client-server.

 

Kegiatan E-Commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya:

1. Business to Business, karakteristiknya:

    Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.

     Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.

2. Business to Consumer, karakteristiknya:

    Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secara umum pula.

Manfaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis

     Manfaat dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:

Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).

Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.

Menurunkan biaya operasional (operating cost).

     Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi

Melebarkan jangkauan (global reach).

     Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.

Meningkatkan customer loyalty.

      Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.

Meningkatkan supply management.

     Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.

Memperpendek waktu produksi.

     Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.

PERANAN E-COMMERCE BAGI MASYARAKAT

     Bisnis e-commerce menjadi kebutuhan utama masyarakat dalam ber-transaksi di masa pandemi ini, mengingat masyarakat takut berbelanja secara langsung sehingga untuk pembelian beberapa kebutuhan dilakukan secara online melalui platform-platform e-commerce. Masyarakat bisa menggunakan berbagai layanan baik itu untuk membeli makanan, obat-obatan, kebutuhan pokok, serta layanan kesehatan. Selain untuk mengurangi kontak langsung antara penjual (Penyedia layanan) dengan pembeli (Pemakai layanan), e-commerce juga dinilai penting dalam membangun tren belanja baru yang lebih memudahkan konsumen.

      Dengan berbagai kemudahan yang diberikan E-commerce sebagai peluang bisnis ini, Kita mampu mengembangkan dan mengolah pola pikir Kita sehingga bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin. E-Commerce begitu ngetrend dan mempunyai banyak manfaat. Oleh karena itu, masyarakat mengambil E-commerce sebagai peluang bisnis yang menjanjikan hanya dengan mengakses internet saja.

     Di era globalisasi ini, Indonesia juga tidak kalah dengan persaingan industri perdagangan. Melalui e-commerce (perdagangan elektronik) dimana dalam pemasaran sejumlah barang atau jasa bisa dengan mudahnya diakses melalui internet. E-commerce ini akan mempermudah tanpa harus ribet mondar-mandir melakukan pemasaran, karena proses transaksi ini hanya melalui perdagangan online, jika pun akan mengirim atau membayar bisa lewat transfer, COD, ataupun membayar cash ketika barang sudah diterima.

     Cukup dengan duduk santai dengan klik-klik hp, komputer, web, blog untuk menawarkan segala jenis barang atau jasa yang Kita jual belikan. Adapun sistem komukasinyapun tidak ribet untuk bertemu langsung. Apa yang membuat E-commerce sebagai peluang bisnis bagi masyarakat? Salah satu alasan mengapa e-commerce sebagai peluang bisnis adalah, karena e-commerce memberikan banyak keuntungan bagi distributor maupun konsumen.

     E-commerce juga mangalami kenaikan yang begitu pesat karena perubahan perilaku para konsumen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbelanja secara online tanpa harus pergi atau beranjak dari tempat tinggal mereka, manfaat yang dapat dirasakan oleh para konsumen saat menggunakan media e-commerce yaitu dapat dilakukan selama 24 jam, para konsumen dimanjakan dengan berbagai macam pilihan penawaran yang menarik mulai dari banyaknya pilihan produk yang bisa dilihat, sampai dengan penawaran dari segi harga yang bervariatif sehingga para konsumen dapat membandingan dari berbagai tempat penjualan.

 

REFERENSI

https://www.kompasiana.com/tikaandriani2507/618cbe3f8c48251fc01a32c2/peranan-e-commerce-dalam-menunjang-kebutuhan-masyarakat-di-era-new-normal

E- Commerce Sebagai Peluang Bisnis Bagi Masyarakat (woocommerce.id)

https://www.kompasiana.com/haryo2805/620371a6b4616e33b80ef215/peran-dan-fungsi-e-commerce-sebagai-media-pemasaran-dalam-meningkatkan-daya-jual-hasil-ternak-itik-di-desa-pangkalan

Peran Penting e-Commerce Bagi UMKM Saat Pandemi - Minangkabaunews.com

MIND Newsroom :: Peran Artificial Intelligence (AI) Bagi Bisnis E-Commerce - Indonesia's B2B International Marketplace (madeinindonesia.com)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertanian organik,terpadu dan berkelanjutan