PERANAN E-ECOMMERCE BAGI MASYARAKAT
Peranan
dan pentingnya digital dalam e-commerce bagi masyarakat.
PENGERTIAN
E-COMMERCE
E-commerce adalah setiap pertukaran
informasi antara perusahaan dengan pihak stakeholder eksternalnya (pihak ketiga
yang memiliki kesepakatan tertentu dengan perusahaan) melalui media elektronik.
Jenis-jenis E-Commerce
Salah satu pelaku tidak harus menunggu
rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
Model yang umum digunakan adalah peer to
peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku
bisnis.
1.Servis yang digunakan
juga bersifat umum, sehingga dapat
digunakan oleh orang banyak.
2.Servis
yang digunakan berdasarkan
permintaan.
3.Sering dilakukan sistim pendekatan
client-server.
Kegiatan E-Commerce mencakup banyak
hal, untuk membedakannya E-Commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan
karakteristiknya:
1. Business to Business, karakteristiknya:
Trading partners yang sudah
saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung
cukup lama.
Pertukaran data dilakukan secara
berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
2.
Business to Consumer, karakteristiknya:
Terbuka untuk umum, di mana informasi
disebarkan secara umum pula.
Manfaat Menggunakan E-Commerce dalam Dunia Bisnis
Manfaat
dalam menggunakan E-Commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi
adalah:
Dapat meningkatkan market exposure (pangsa
pasar).
Transaksi on-line yang membuat semua orang
di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan
melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
Menurunkan biaya operasional (operating
cost).
Transaksi
E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di
dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang
berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi
Melebarkan jangkauan (global reach).
Transaksi on-line yang dapat
diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua
orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
Meningkatkan customer loyalty.
Ini disebabkan karena sistem transaksi
E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat
diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap
waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
Meningkatkan supply management.
Transaksi
E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama
pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih
menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang
baik harus ditingkatkan.
Memperpendek waktu produksi.
Pada suatu perusahaan yang
terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan
bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya
setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya
secara langsung terprogram dalam komputer.
PERANAN E-COMMERCE BAGI MASYARAKAT
Dengan
berbagai kemudahan yang diberikan E-commerce sebagai peluang bisnis ini, Kita
mampu mengembangkan dan mengolah pola pikir Kita sehingga bisa memanfaatkan
kesempatan ini dengan sebaik mungkin. E-Commerce begitu ngetrend dan mempunyai
banyak manfaat. Oleh karena itu, masyarakat mengambil E-commerce sebagai
peluang bisnis yang menjanjikan hanya dengan mengakses internet saja.
Di era globalisasi
ini, Indonesia juga tidak kalah dengan persaingan industri perdagangan. Melalui
e-commerce (perdagangan elektronik) dimana dalam pemasaran sejumlah barang atau
jasa bisa dengan mudahnya diakses melalui internet. E-commerce ini akan
mempermudah tanpa harus ribet mondar-mandir melakukan pemasaran, karena proses
transaksi ini hanya melalui perdagangan online, jika pun akan mengirim atau
membayar bisa lewat transfer, COD, ataupun membayar cash ketika barang sudah
diterima.
Cukup dengan duduk santai dengan
klik-klik hp, komputer, web, blog untuk menawarkan segala jenis barang atau
jasa yang Kita jual belikan. Adapun sistem komukasinyapun tidak ribet untuk
bertemu langsung. Apa yang membuat E-commerce sebagai peluang bisnis bagi
masyarakat? Salah satu alasan mengapa e-commerce sebagai peluang bisnis adalah,
karena e-commerce memberikan banyak keuntungan bagi distributor maupun
konsumen.
E-commerce
juga mangalami kenaikan yang begitu pesat karena perubahan perilaku para
konsumen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbelanja
secara online tanpa harus pergi atau beranjak dari tempat tinggal mereka,
manfaat yang dapat dirasakan oleh para konsumen saat menggunakan media
e-commerce yaitu dapat dilakukan selama 24 jam, para konsumen dimanjakan dengan
berbagai macam pilihan penawaran yang menarik mulai dari banyaknya pilihan
produk yang bisa dilihat, sampai dengan penawaran dari segi harga yang
bervariatif sehingga para konsumen dapat membandingan dari berbagai tempat
penjualan.
REFERENSI
E-
Commerce Sebagai Peluang Bisnis Bagi Masyarakat (woocommerce.id)
Peran Penting e-Commerce Bagi UMKM Saat Pandemi - Minangkabaunews.com
Komentar
Posting Komentar